Kamis, 31 Mei 2012

Gede Pasek Suardika Berita & Cerita Terkini

Setelah dilantik menjadi ketua Komisi III DPR RI, Gede Pasek Suardika SH., MH. File Pribadinya terus dibuka-buka oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia tidak terkecuali kalangan pers. Seperti yang dikutif dari WWW.Cerita.com. Website ini mencoba mengungkap bagaimana latar belakang yang dimiliki pak GPS ini.

Berikut kutipan dari cerita.com :

Berita & Cerita Terkini
Politisi Partai Demokrat, Gede Pasek Suardika dilantik menjadi Ketua Komisi III Bidang Hukum DPR menggantikan Benny K. Harman, hari ini, Kamis (31/05). Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menyatakan Dalam pelantikan Gede Pasek di Gedung DPR RI, Priyo sempat menyebut kedekatan Pasek dengan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.
 “Pak Pasek dekat dengan Anas Urbaningrum, tapi dekat juga dengan Marzuki Alie. Itu menjelaskan bagaimana Demokrat memilih orang-orang terbaik di posisi ini,” kata politisi Golkar itu. Anggota Komisi III, Ruhut Sitompul, menyatakan persetujuannya dengan lantang. "Setuju," tutur Ruhut. Namun tidak semua anggota Komisi III setuju dengan Ruhut. Ada beberapa anggota Komisi III yang melakukan interupsi.
Intinya mereka meminta komitmen Gede Pasek untuk memimpin Komisi III konsisten memerangi korupsi. "Saya harap Pak Gede juga berkomitmen untuk memimpin Komisi III konsisten memerangi korupsi," kata Anggota Komisi III, Martin Hutabarat.
Gede Pasek masuk ke kursi DPR melalui Partai Demokrat dengan dapil Bali pada pemilu 2009 lalu. Ia duduk di komisi II yang membidangi masalah dalam negeri. Selain itu ia juga menjabat sebagai Ketua DPP Partai Demokrat bidang olahraga.  Meski namanya tak terlalu eksis di media, namun Pasek sangat dikenal orang di Bali. Ia mendirikan Rumah Aspirasi DPR RI Sahabat GPS yang beralamat di jalan Ciung Wanara, Denpasar, Bali. Rumah aspirasi ini hanya ada satu-satunya di Bali dan diresmikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.
Biografi Singkat
Gede Pasek Suardika adalah anak keempat dari lima bersaudara yang terlahir dari keluarga polisi. Kala itu, sang ayah berpangkat Kapten Purn (Pol) I Komang Alit yang namanya cukup dikenal oleh orang-orang Bali. Ia pun tumbuh di lingkungan asrama polisi di jalan Ahmad Yani, Singaraja, Bali.
Dari SD hingga SMP, ia menghabiskan masa sekolahnya di Lab Unud Singaraja dan SMAN 1 Singaraja. Usai menamatkan sekolah, Gede hijrah ke Malang, Jawa Timur. Di Universitas Brawijaya, ia menepuh pendidikan sarjannya dengan mengambil jurusan hukum. Setelah lulus S1, ia tak lagi tinggal di Malang dan kembali tinggal di Bali. Universitas Udayana dipilihnya untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjana.
Sejak dulu, Gede Pasek memang dikenal aktif di berbagai organisasi dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Meski lulusan hukum, ia memulai karir sebagai jurnalistik di sebuah media cetak di Jawa Timur dan Bali. 
Pria asli Bali ini juga pernah menjadi wartawan di harian pagi Surya Surabaya, redaktur pelaksana di harian NUSA Denpasar dan pemimpin umum tabloid Bali Aga Denpasar. Selain menjadi jurnalis, ia juga menjabat Wakil Ketua Bidang Hukum dan Pembelaan Wartawan PWI Bali.  Setelah berkecimpung di dunia jurnilis, Gede Pasek memutuskan untuk pindah profesi ke advokat. Malahan ia kenal sebagai pengacar muda yang karirnya cemeralng akibat sikapnya yang berani, kritis dan sering melawan arus. Atas keberaniannya itu, ia dikenal sebagai konsultan pilkada di Provinsi Bali yang handal. Beberapa kepala daerah di Bali saat ini banyak sukses berkat sentuhan tangan dinginnya.
Gede Pasek juga aktif menulis buku bidang hukum, politik dan budaya. Ketiga bidang itulah yang dimintai olehnya. Buku-buku yang sudah pernah terbit diantaranya Seni Bali Menari, bhisama Pasek dalam Konteks Kekinian, Kekonyolan RUU APP, 108 Tips Niskala, Kiprah SBY, Mempesona Karena Memang Bekerja : Bung Karno, Saya Berdarah Bali dll.
Karya
Buku :
• Seni Bali Menari
• Memahami Bali
• Bhisama Pasek dalam Konteks Kekinian
• Kekonyolan RUU APP
• 108 Tips Niskaladll

Penghargaan
Juara II Tingkat SLTA se-Bali dalam Lomba Karya Ilmiah tentang Keluarga Berencana (KB)
Juara I Lomba Penulisan Essay Pemuda dan Mahasiswa yang diadakan UKH Jayabaya Jakarta Pada tahun 1995
Pemenang Tiga Belas Besar dalam Lomba Karya Tulis Berita dalam rangka “HUT Pemda Tk I Bali ke 40 Tahun 1998”
Juara III Lomba Karya Tulis Artikel dalam rangka “Kunjungan Kerja Bapak Gubernur Kdh Tk I Bali” pada tahun 1999
Piagam Penghargaan dari Bapak H. Susilo bambang Yudhoyono dan H. Muhammad Jusuf Kalla sebagai TimKamDa Provinsi Bali dalam Pilpres 2004-2009
Piagam Penghargaan dari Kepolisian Daerah Bali atas partisipasi sebagai pengawas external dalam proses penerimaan calon Taruna AKPOL dan BINTARA Polri TA.

Gede Pasek Suardika Profile
Sub Kategori / Profesi
Pejabat & Politisi
Nama
Gede Pasek Suardika
Tanggal Lahir
Singaraja, Bali 21 Juli 1969
Domisili
Jakarta
Pimpinan
Anas Urbaningrum
Manajemen / Perusahaan
Partai Demokrat
Anggota Keluarga
Ayah : Kapten Purn (Pol) I Komang Alit
Ibu : Ni Nyoman Sujani

0 komentar:

Posting Komentar